Senin, 10 Oktober 2016

Upaya Pembibitan Kader Militan di Kulon Sidoarjo






Proses pengkaderan bukan merupakan hal yang instan. Nilai-nilai dan pembentukan karakter memerlukan proses yang tak mudah. Tentu dimulai dengan pengenalan organisasi terhadap kaum pelajar yang menjadi subjek sekaligus objek dalam organisasi IPNU IPPNU. Dalam rangka komisariatisasi, Pimpinan Cabang IPPNU kabupaten Sidoarjo turut berpartisipasi dalam proses pengkaderan siswi-siswi SMK Taruna Tarik Sidoarjo dalam kegiatan LDKS yang notabene daerah Tarik adalah daerah ujung kulon Sidoarjo.
Materi yang dibawakan merupakan meteri pengenalan IPPNU khususnya yang disesuaikan dengan kearifan lokal Sidoarjo. Bentuk materi yang diberikan tidak hanya pemberian materi satu arah, namun dikemas dalam materi dan diskusi 2 arah. Siswi-siswi yang semula tidak mengerti sama sekali apa itu IPPNU dan hanya satu dari 70 peserta sebatas pernah mendengar di akhir materi menjadi benar-benar paham akan dasar-dasar IPPNU. ‘’Pernah dengar IPPNU ya waktu dulu di MINU kak, tapi hanya sepintas saja dari pelajaran ASWAJA dan pada dunia nyata seperti apa IPPNU saya masih belum paham’’, Ujar Fifi, salah satu peserta LDKS SMK Taruna. 
Tentu melalui kegiatan ini digunakan sebagai media pendekatan dan kaderisasi kepada para siswi. Mengingat PAC IPNU dan IPPNU Tarik saat ini sedang dalam proses rebuilding dan dalam upaya melebarkan sayap ke ranting-ranting yang ada di lingkup PAC IPNU IPPNU Tarik. ‘’Senang sekali bisa diskusi dengan adik-adik dari SMK Taruna Tarik, mereka sangat antusias atas matreri yang disampaikan dan kali ini menekankan dalam pengubahan mindset siswi bahwa IPNU dan IPPNU bukan hanya organisasi yang melulu ‘jamiyahan’ saja dan tak bisa berprestasi di bidang akademik, karena memang basic IPPNU adalah pelajar’’ terang rekanita Miftakhul Jannatin yang saat itu sebagai pemateri pada acara tersebut dan merupakan koordinator Kaderisasi PC IPPNU Sidoarjo. ‘’Besar harapan dari kami jajaran PC IPPNU Sidoarjo melalui sinergisitas ini dapat melahirkan kader-kader IPPNU Sidoarjo baru yang militant dan berintelektual tinggi dengan berkarakter Ahlussunnah Wal Jamaah’’ tambah Rekanita Himatul Ulya selaku ketua PC IPPNU Sidoarjo yang turut hadir dalam acara tersebut. (Doc:8/10/16)

By: Miftakhul Jannatin (Kord. DPPPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar